Print

Blog AsriFarm ini dibuat sebagai catatan pengalaman yang dapat dibagi kepada teman-teman yang memiliki minat yang sama. Harapan kami melakukan sharing di blog ini adalah untuk mengambil manfaat pengalaman unik dan inovatif dalam melakukan kegiatan berkebun baik di pekarangan rumah maupun dibeberapa kebun komersial

Melakukan aktifitas berkebun selain  memberikan  penyaluran hobi juga merupakan sumber ilmu yang bisa di sharing agar manfaat yang didapat bisa memberikan nilai tambah. Sering kita melakukan flash back membayangkan pohon yang kita tanam, menjadi besar dan pada akhirnya menghasilkan buah yang ranum-ranum. Menyenangkan bukan?

Momen seperti ini memberikan kebahagian tersendiri. Pantaslah kalau kita akan pamerkan hasil buah tersebut ke anggota keluarga dan pastinya sekaligus menawarkan untuk menikmati buah tersebut bersama. Kalau buahnya banyak tidak hanya anggota keluarga menikmati, juga tetangga akan ikut kecipratan.

Rasa bangga keberhasilan membuahkan pohon kita akan bertambah apabila ternyata rasa buah nya sungguh lezat, kulit buahnya mulus tidak cacat oleh gigitan codot atau berulat akibat peletakann telur lalat buah.

Dalam hati sedikit-dikit dalam diri kita terbersit keinginan untuk bisa mengkomersilkan buah hasil kebunnya. Berandai-andai apabila bisa menanam pohon lebih banyak, dengan perawatan yang benar  pastinya akan bisa memetik hasil  panen yang lebih banyak pula. Seperti saya diawal menekuni kebun pastilah setiap mampir ke super market akan menghampiri sudut buah-buahan dan melirik ke harganya dan mulai berhitung. 

Demikianlah harapan saya dengan berbagi di blog ini kita bisa makin pandai dan mulai menghasilkan banyak INOVASI. Inovasi sendiri pengertiannya adalah menemukan sesuatu yang baru dan pada akhirnya dapat melakukan kegiatan komersialisasi. Dengan melakukan Inovasi kita akan meningkatkan kesejahteraan kita sebagai pekebun atau petani yang selama ini selalu di marginalkan.

Banyak kisah yang ditulis awal mengenai suka duka dalam berbudi daya Cabe. Bisnis cabe nampaknya cukup menggiurkan. Ternyata menggeluti sektor ini sangat beresiko kalau memang tidak menguasai kiat-kiat budi dayanya. Kami juga terkejut melihat suatu kenyataan bahwa begitu banyak pestisida kimia sigunakan untuk dapat menyelamatkan panen nya. Penggunaan pestisida kimia yang begitu banyak tidak hanya membahayakan para kondumen pengguna tetapi terutama membahayakan kesehatan petani nya sendiri.

Berdasarkan pengalaman itu AsriFarm melakukan penelitian dan pengembangan pestisida organik yang efektif tetapi aman untuk lingkungan. Rangkaian Produk-produk yang dikembangan cukup banyak seperti pestisida organik BISMA PK, booster pestisida BRAHMA,  pencegah rebah semai TEGRAP dan perekat pestisida LAKAT. Masih ada beberap produk yang segera di rilis salah satunya adalah plastik organik pembungkus buah MOELUS agar buah terhindar dari sengatan lalat buah atau kumbang pengerat, yang menyebabkan buah membusuk. Buah Yang sering mengalami ancaman lalat buah antara lain buah Cacao, mangga, jeruk, Belimbing, duren.

Awalnya pestisida organik tersebut hanya digunakan sendiri, tetapi kemudian terlintas untuk mensosialisasikan melalui web ini. Melihat banyak petani mengalami kegagalan akibat serangan hama dan hanya bisa mengelus dada. Diharapkan pada masa tanam berikutnya mereka tidak kapok dan bisa menggunakan produk-produk ii. Jika tertarik membeli produk kami silahkan melalui Tokopedia atau Bukalapak.

Penelitian yang secara berkelanjutnya berhasil melahirkan metoda HIPOH (High Productivity and Healthy Chilly Farming Method), dimana apabila diterapkan secara baik akan mampu melipat gandakan hasil panen Pekebun nya. Pada blog ini akan di jelaskan bagaimana aplikasi dan prinsip logika metoda ini. Metoda ini banyak yang ber anggapan sangat kontroversial karena berbeda dengan metoda yang sudah ada. Tetapi hasil uji coba dilapangan di beberapa demplot yang berbeda (multi site) cukup berhasil bahkan penanaman di musim hujan yang banyak petani enggan menanam cabe karena kemungkinan berhasil sangat rendah.

Hasil Penelitian terakhir dengan aplikasi Bisma PK dan Genjah RM akan mengurangi penggunaan pupuk dan pestisida sehingga ada penghematan biaya secara nyata (significant) terutama pada penerapan pola HIPOH. Sekaligus mampu mengurangi kegagalan panen dan berhasil meningkatkan hasil panen yang berlipat.  Bagaimana hal ini bisa dicapai?,  silahkan ikuti laporab perkembangan di blok ini dari waktu ke waktu.

Agar pembaca tidak terganggu dengan selipan iklan-iklan, sebelum kami memastikan web ini aman, kami tidak membuka fitur diskusi. Kalau ingin melakukan kontak atau konsultasi silahkan hubungi email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Selamat bergabung di web-site AsriFarm.