Print
Hits: 115

Selama pandemi covid 19, pengembangan metoda HIPOH terus berlanjut. Banyak perbaikan untuk memperoleh peningkatan produktifitas budi daya cabe.

Kita akan kupas satu persatu yang dimulai dari pemilihan ukuran polybag. Kita mengupayakan mendapatkan ukuran polybag yang sekecil mungkin agar jumlah pohon yang ditanam dalam satuan luas akan bisa lebih banyak dan biaya pembelian polybag tidak membebani biaya tanam. Juga pertimbangan bahwa dengan ukuran polybag makin besar proses pengisian media tanam akan makin lama.Disini  Kita mencari ukuran yang optimal dimana produktifitas tanaman dapat tinggi sesuai yang kita kejar dalam metoda HIPOH ini.

Ukuran polybag yang digunakan tergantung pemilihan pola tanam, yaitu menanam dengan model bertingkat dimana awalnya kita tanam di polybag yang kecil kemudian kita letakkan diatas polybag yang lebih besar.  Mengapa perlu bertingkat? Karena kita mengupayakan agar pohon cabe mampu minimal 2 kali masa pembungaan,

Untuk dapat memperoleh gambaran mengenai penggunaan polybag bisa menonton dari banyak tutorial  youtube di channel ASRIFARM INFO, terutama video dengan judul Formula pupuk ampuh-merangsang tunas-melebatkan buah-meningkatkan bobot buah.

 

Ukuran polybag utama yang kita pilih saat pindah tanam berukuran minimal berdiameter 15 cm dengan tinggi 15 cm saat kondisi terisi media tanam. Atau saat terlipat lembaranan 12,5 x 24 cm.

Ukuran polybag bawah yang lebih besar berukuran minimal bersiameter 20 cm dengan tinggi saat berisi media tanam 22 cm. Pada posisi terlipat berukuran 17 x 33 cm.

Sebelum polybag kecil yang sudah ditanami dan kira-kira akar akan memanjang kebawah, dasar polybag di sobek atau diberikan tambahan lubang2 ahar akar nya dapat keluar dari robekan atau tambahan lubang didasar polybag tersebut. Diharapkan pembungan dan pembuhan pertama mengandalkan nutrisi dimedia tanam polybag kecil. Dan [embungaan selanjutnya dapat memperoleh hara dari polybag besar di bawah nya.

Juga dimungkinkan kita tidak menaruh tanaman di polybag kecil ke polybag besar dilahan terbuka. Caranya adalah dengan membuat guludan tanah seperti yang dilakukan pada pola tradisional dan polybag kecil diletakan diatasnya, kemudian guludan diberi tambahan tanah agar dasar polybag tertimbun agar akarnya bids tumbuj dengan baik.

Selanjut nya yang penting dilakukan adalah metoda penyiapan media tanam dan juga pemupukan dasar nya. Penyiapan media tanam ini akan dijelaskan pada topik berikut nya.