Print
Hits: 239

Dengan berjalan nya waktu (tanpa sadar 2 tahun telah berlalu) dan makin banyak nya pelajaran serta pengalaman dilapangan, Methoda HIPOH main di sempurnakan dalam upaya pencaoaian hasil budi daya cabe yang optimal.

Awalnya serial tutorial ini akan disajikan secara ber urutan sejak penyemaian, Penyiapan media tanam dan seterusnya sehingga saat keberhasilan dalam pemanenan. Tetapi mengingat banyak kekurang berhasilan ataupun banyak nya rintangan dalam masa pindah tanam yang kritis dimana angka lkematian tanaman tinggi. Sengan pertimbangan tersebut maka pembahasan metoda HIPOH tingkat lanjut dimulai dari tahapan pindah tanam.

Dalam metoda HIPOH pengertian pindah tanam asalah msa atau saat pemindahan bibit dari tempat persemaian ke polybag besar (diameter 20-30 cm). Proses penyenaian bisa di polybag kecil atau lebih direkomendasikan menggunakan Tray semai. Tehnik penyemaian menggunakan tray semai akan dibahas secaraw lebih detail pada topik terpisah.

Dalam topik Pindah tanam ini akan di berikan tips mengenai beberapa hal berikut:

  1. Kapan sebaik nya pindah tanam, pada usia berapa HSS (Hari Setelah Semai) sebaik nya melakukan pindah tanam ?
  2. Penyiapan Media Tanam agar tanaman tumbuh baik tidak kerdil dan mengurangi adanya jamur patogen yang membuat pohon matii layu.
  3. Perlindungan terhadap hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman saat pohon masih kecil seperti jangkrik, keong, belalang dan lain-lain.
  4. Pemupukan yang efektif dan perlakuan anti hama & penyakit yang tepat secara organik.

Sehimgga dapat diharapkan jumlah kematian kecil dan hasil yang dipanen bisa optimum dan berkualitas prima, berat dan pedas.

1. Kapan tanaman cabe sebaik nya dipindahkan?

Metoda budidaya cabe HIPOH  menggunakan polybag sejak pindah tanam sampai masa panen,walaupun demikiani tetap tidak dianjurkan untuk menanam benih langsung ke polybag besar. Banyak yang mencoba menyemai langsung di polibag dengan pertimbangan akan praktis , tidak repot pindah tanam dan akan mengurangi waktu dan tenaga. Penyemaian langsung di polibag besar keberhaslan rendah, sering malah tidak tumbuh sama sekali.

Mengapa tidak dianjurkan langsung karena saat penyemaian tidak boleh terpapar full matahari di musim kemarau karena keberhasilan menjadi kecambah kecil, Juga tidak boleh terpapar hujan karena biji benih akan hanyut atau busuk kalau terendam air terlalu lama.

Untuk itu dianjurkan menggunakan tray semai ukuran sekitar 90-128  lubang agar proses nya cepat dan keberhasilan tinggi. Mereka yang sudah berpengalaman bisa menggunakan trey yang jumlah lubang nya 200. Topik penyemaian akan si bahas dalam satu topik tersendiri/

Patokan kapan oindah tanam dilihat jumlah daun nya sudah mencapai 4 helai atau 5 helai. Waktu nya sekitar 4-6 minggu setelah pembenaman benih. Ada yang berpendapat kalau terlambat pindah tanam hasil tidak akan maksimum. Hiraukan pendapat tersebut, karena kalau terlalu dini saat pemindahan pohon nya akan mati.

 

2. Penyiapan Media semai.

Selama menunggu benih tumbuh, kita harus sudah bergegas menyiapkan polybag yang terisi dengan media tanam yang subur/ Media tanam nya menggunakan campuran 3 macam bahan yaitu, Tanah:Kohe/kompos:Serbuk Cocopeat (sabut kelapa) = 1:1:1 ukuran berat. Jadi kalau kit memilik 1 kg tanah, kita campurkan masing2 1 kg kompos dan 1 kg serbuk Cocopeat/

Kenapa kita perlu menggunakan cocopeat karena media tanam di dalam polybag akan cepat mengeras, memadat disiram tiap hari. Tanah yang keras akan meyulitkan akar untuk bisa tumbuh dengan baik. Apabila kita sulit memperoleh cocopeat kita bisa menggunakan serbuk gergaji atau sekam bakar atau yang sudah difermentasi. Sekam mentah juga bisa dipakai tetapi perlu di sterilkan misalnya menggunakan Belimpa atau Tegrap untuk menghilangkan jamur Patogen yang bisa membuat tanaman layu.

Dikota-kota dimana sulit memperoleh tanah tegalan bisa digunakan media tanam karungan berupa campuran tanah subur yang terdiridari campuran  kotoran hewan dan kompos . Perlu diberi catatan bahwa tanah subur yang dijual di toko pertanian atau di toko tanaman terlalu kuat untuk menanam benih yang akan dipindahkan. Tetap kita memerlukan camporan tanah asli. Walau banyak pendapat bahwa tidak perlu menggunakan tanah, menurut saya sebaik mya ada camporan tananh nya karena di dalam nya mengandung energi. Kita diajarkan bahwa Manusia hewan dan tumbuhan diciptakan dari tanah. Takaran campuran media tanam bisa kita ubah Tanah:Kompos:serbuk cocopeat = 1:1:2

Ukuran Polybag yang digunakan cukup  berdiameter 12-16 cm. Media tanam dimasukkan dengan ketinggian 3/4 setelah dipadatkan sedikit. Diameter polybag 12 cm cukup untuk memberikan nutrisi pohon cabe sampai akhir pembungaan pertama. Pemberian nutrisi untuk pembungaan berikutnya di sokong oleh tanah dibawah polybag. Akar tananam cabe akan menembus dasar polybag perlu kita  tambahkan 4 lubang didasar polybag agar akar lebih leluasa mencari jalan kebawah. Untuk itu diperlukam guludan dengan tanah yang sudah tidak keras yang kita tambahkan kompos terutama dari sampah pertanian terutama cacahan daun dan gedebong pisang yang kaya unsur P dan K

 

 

Pelindung Bibit gelas plastik