Print
Hits: 386

Sekian lama tidak ada penulisan artikel mengenai perkembangan budi daya cabe ala HIPOH. Banyak pertanyaan mengenai hasil yang dicapai dengan metoda ini apakah cukup handal, menjamin agar petani dapat meraih sukses,

Saya sempat mampir ke kebun Asrifarm setelah situasi PSBB Covid 19 di Jakarta dan Bogor di per longgar awal Juli 2020 yang lalu. Ternyata penelitian pendalaman metoda HIPOH telah mengalami banyak kemajuan. Terlihat pohon2 cabe daun nya hijau-hijau, Dari bentuk pohon dan daunnya kita bisa tahu yang ditanam berbagai varietas cabe dan berbeda umur.

Mengapa pemandangan ini membuat saya kagum? Selama perjalanan saya melihat ke kiri kanan menyaksikan kebun disepanjang jalan tidak ada yang nampak dalam kondisi baikbahkan malah terlihat seperti tidak terawat. Dalam benak terbayang nanti kala sampai di kebun Asrifarm akan me,ihat pemandangan yang  mirip2, ternyata tidak begitu. Ada pertanyaan mengapa ladsng dan kebun tidak berhasil padahal hujan masih sering turun? Pohon2 besar, pohon tahunan pun daunnya tidak lebat hijau sebagai mana seharus nya kalau hujan masih sering turun. Pertanyaan ini saya akan saya tanyakan nanti di pengelola kebun Asrifarm.

Saya dikebun bertemu dengan Pak Soerodjo yang ditugaskan untuk membantu melaksanakan penelitian di lapangan. Beliau berkesempatan menjelaskan secara terperinci mengenai kemajuan apa yang telah dicapai saat ini. Juga diberikan informasi bahwa memang cuaca sangat tidak kondusif, tetapi ini dijadikan tantangan untuk lebih mendalami penelitian agar hasil yang akan dipoleh lebih efektif.

di ingatkan kembali bahwa sasaran yang hendak dicapai dengan metoda HIPOH ini adalah peningkatan produktifitas cabe hingga 500% sepanjang musim. Ada sedikit perbedaan dengan awal pertama saya dikenalkan dengan metoda HIPOH yaitu yang dulu  tidak ada kata Sepanjang Musim dan yang ada hanya peningkatan produktifitas saja.

Untuk pencapaian sasaran diatas banyak hal yang telah dicapai dengan pendalaman aplikasi yang disebut Advanced Implementation HIPOH atau penerapan tingkat lanjut dari metoda HIPOH yang dijabarkan sebagai berikut:

1. Pemilihan varietas yang sesuai

2. Peracikan media tanam

3. Kelengkapan obat2an organik untuk mengatasi hama dan penyakit tanaman cabe.

4. Pemupukan yang ideal, efektif dan irit

Secara detail penjelasan mengenai pedoman budidaya cabe metoda HIPOH akan di deskripsikan secara berangkai di penulisan2 berikut nya,