Print
Hits: 922

Memasuki tahun 2020 juga diiringi masuknya musim hujan yang didambakan para petani setelah mengalami musim kering yang panjang. Turun hujan nya bahkan berlimpah sehingga Jakarta memasuki penghujung tahun mengalami kebanjiran di mana-mana akibat curah hujan yang tinggi.

Turun nya hujan tidak hanya membawa ke gembiraan tetapi juga kesedihan karena seperti biasanya akan banyk penyakit tanaman meraja lela. Salah satu penyakit tanaman yang dikuatirkan adalah busuk buah Patek atau Anthranoksa. Serangan patek bisa menggagalkan panen bahkan pohon nya akan mati merana.

Penyakit ini termasuk yang sukar ditangani bahkan fungisida  yang diperuntukkan untuk itu seperti Anthracol ataupun BION M yang tenar itu juga tidak banyak membantu. Yang menjadi pertanyaan adalh bagaimana BISMA PK bisa mengatasi penyakit ini?

BISMA PK cukup baik untuk pencegahan dan penanganan Patek selama jamur belum meluas dan yang ter infeksi adalh permukaan cabe nya . Yang sudah teruji apabila penggunaan rutin tiap minggu akan menjauhkn tanaman dari serangan Patek. Ada beberapa catatan untuk mencegah dan menangani Patek menggunakan BISMA PK yaitu

  1. Aplikasikan BISMA PK rutin setiap minggu, terutama menjelang pembungaan atau selama pembuahan hingga panen ber akhir
  2. Upayakan menanam cabe yang tolerant terhadap serangan Patek. banyak varietas yang tahan atau terhadap serangan Patek
  3. Untuk mengurangi kerugiaan apabila terkena serangan, selain menggunakan BISMA PK juga campur dengan ARWI NA untuk memperkuat pembasmian jamur Anthranoksa yang membandel.
  4. Buang dan musnahkan buah yang terkena busuk Patek
  5. Busuk buah ada beberapa macam, ciri serangan Patek adalah busuk nya kering. Dilapangan akan juga terjadi banyak busuk basah. Busuh basah biasanya karena serangan lalat buah. Untuk mengatasi serangan lalt buah ada car tersendiri . dalam artikel berikut nya akan dipaparkan cara menanggulangi nya.
  6. Ada juga busuk buah karena bakteri. Ciri-ciri nya juga basah , ini bisa terbantu penanganan nya penggunaan Arwi NA.
  7. Dalam pemupukan nya, jangan memberikan unsur N secara berlebihan.  Aplikasikan pupuk organik untuk pupuk dasar dan POC (pupuk Organik Cair) untuk pemupukan susulan. Penggunaan BISMA PK bisa tanpa POC dengan tambahan NPK sedikit sesuai yang direkomendasikan yaitu 50 gram untuk volume tangki 14 liter.
  8. Untuk mengembalikan kondisi tanaman bisa pilih, daun nya hijau melebar, bunga segera muncul dan tidak tidak rontok, gunakan ramuan bubuk  "BELIMPAH" atau pelebat buah "PANENKU yang dicampurkan bersamaan dalam penyemprotan larutan BISMA PK

Perlu diperhatikan bahwa aplikasi BISMA PK akan effektif kalau segera digunakan begitu peniriman tiba. Bisma PK yang dikirim selalu kondisi nya baru. Penyimpanan di penolahannya tidak lebih dari 10 hari setelah pembuatan.

Walaupun expired date nya bisa mencapai setahun sebaik nya digunakan segera. Oleh sebab itu dalam pembelian nya lebih baik bertahap sehingga tidak menyimpan nya terlalu lama untuk digunakan dalam mengatasi PATEK