Apakah Anda percaya bahwa cara berbudi daya HIPOH benar mampu meningkatkan produktifitas lima kali lipat atau sebesar 500%.

Biasanya kalau ingin meningkatkan produktifitas pertanian sekitar 30-40% sudah WOW .....hebat. Lha HIPOH kok berani menawarkan kenaikan produktifitas nya sampai 5-8 kali......?????

Mari kita gali darimana hitung-hitungan nya bisa menjanjikan angka tersebut dan rasional bagaimana hal itu bisa dicapai dan pada akhirnya kita akan tinjau dilapangan apak yang dijanjikan bisa terealisasi.

Dari informasi yang dihimpun ada beberapa pendekatan yang akan kita bahas dalam beberapa artikel karena akan panjang lebar. Pointer-pointer itu adalah:

  1. Jumlah tanaman yang ditanam dalam satuan luas
  2. Bagaiman metoda tanaman bisa tumbuh baik dan menghasilkan panen
  3. Bagaimana mengatasi hama dan penyakit
  4. Definisi HIPOH menyangkut Produktifitas, Efisien dan Sehat. 3 nomor diatas membahas produktifitas. Agar petani dan konsumsi tanaman sehat pasti nya harus organik. Yang sangat ingin kita ketahui adalah seberapa efisien metoda HIPOH ini
  5. Bagaimana dalam penerapan dilapangan apakah sesuai hitungan?

1. Jumlah Pohon per Satuan Luas

Kita bahas yang pertama yang dapat menjelaskan bahwa HIPOH mencapai dapat meningkatkan produktifitas 5 kali lipat lebih, bukan isapan jempol belaka.

Kita ambil luasan 100 meter persegi saja, ukuran 10 meter kali sepuluh meter. Metoda tanam cabe  yang direkomendasikan sebagai best practise  akan menanam 180-200 pohon dalam 100 merer persegi atau 20 ribun pohon dalam 1 Hektar (10 ribu meter persegi).

Kalau metoda Hipoh berapa yang akan ditanam? 1000 (seribu) pohon. Benar itungan nya . Kalu pohon nya bisa menghasilkan akan mampu meningkatkan produktifitas lima kali lipat. Pertanyaan selanjutnya bagaimana itu bisa dilakukan tanpa mengganggu pertumbuhan? terbayang betapa rapat nya kebun cabenya. Dan akarnya akan rebutan hara. Tidak terbayang itu mungkin. Gimana cara tanam nya?

Tanam di Polybag ukuran 30x30 (diameter 20 cm) disusun dalam lima lajur satu laju disusun 5 polybag rapat lebarnya ( 1 meter) dan memanjang disusun 50 polybag rapat. diantara lajur siberi akses jalan lebar sekitar 1 meter.

Polybag 30x 30 akan cukup untuk dua pohon satu polybag kalau dikehendaki dengan demikian produktifitas bukan naik 5 kali teapi akan 10 kali lipat.

Apa keuntungan dengan polybag? Pertama akar antar pohon selama masa pertumbuhan tidak bersaing sehingga pertumbuhan nya baik. Kedua pemakaian pupuk menjadi efisien karena pupuk susulan mingguan semua masuk ke polybag tidak tercecer. Ketiga kalau berjangkit penyakit tular tanah menjadi terbatas karena tanahnya tidak langsung bersentuhan.