Harga cabe yang terus melambung sangat menarik banyak orang untuk mencoba melakukan investasi berbudi daya cabe. Hitung-hitungan diatas kertas sangat menguntungkan. Walau menggunakan asumsi harga yang rendah dan produktifitas sedang angka keuntungan yang di dapat pasti menguntungkan. ini yang harus diwaspadai karena bisa menjerumuskan jika belum memiliki jam terbang yang cukup. Itungt-itunga diatas kertas dalam waktu enam bulan akan meraup minimal dua kali nilai investasi, kenyataan nya biasanya merugi dan tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi.

Apakah demikian?. Kenyataan adanya indikasi harga melonjak menunjukkan bahwa pasokan cabe tidak bisa mengejar permintaan. Sedangkan permintaan nya sendiri relatif tidak melonjak. Lonjakan biasanya terjadi pada saat musim hujan dimana banyak hama menyerang dan mematikan tanaman cabe mereka. Demikian juga banyak calon petani kapok untuk ber investasi ke budidaya cabe walaupun harga cabe sangat memikat.

Banyak orang bahkan petani masih memiliki cara berpikir untuk mendapatkan hasil yang optimal secara kurang lengkap. Misalnya mereka mengejar atau mencari cara bisa menghasilkan cabe yang buahnya gondrong. itu bisa benar tapi sangat kurang lengkap. Gondrong belum ber arti beratnya juga optimal. Belum lagi kalau menghitung berapa total panen dalam skala tanam mereka. Berapa banyak yang mati, berapa banyak yang tidak berbuah atau berbuah sedikit.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berbudi daya agar berhasil panen raya

  1. Pilih varietas cabe yang sesuai. Idealnya yang produktifitasnya tinggi yang kita cari, tetapi untuk dapat berhasil sampai akhir masa panen varietas yang memiliki ketahanan penyakit lebih diutamakan.
  2. Persemaian harus sempurna, dalam 45 hari, saat akan pindah tanam, sudah menghasilkan benih berdaun lebih dari 5 helai dan tinggi pohon harus bisa mencapai minimal 12 cm.
  3. Persiapan lahan harus baik, tanah harus cukup steril dan cadangan nutrisi harus cukup, konsumsi nutrisi cabe cukup rakus
  4. Penggunaan pestisida yang tepat dan efektif agar tidak terserang hama dan penyakit
  5. Bagaimana agar pohon berbuah dengan serentak
  6. Kiat-kiat melebatkan buah dan meningkatkan berat buah harus diterapkan
  7. Perhitungan kapan kita harus panen agar saat menjual harga bukan pada saat rendah.

Masing2 topik diatas tidak dicabarkan disini tetapi akan dibahas tersendiri dalam artikel-artikel terpisah.

Misalnya dalam membahas pemilihan varietas cabe bisa kita cari artikel "Vareitas cabe yang cocok ditanam di musim hujan"

Kiat melebatkan buah bisa kita cari artikel "Bagaimana melebatkan buah cabe yang benar-benar manjur"