Print
Category: Produk Info
Hits: 2037


MOELUS adalah plastik pelindung buah di pohon agar terhindar dari sengatan hama lalat buah. Plastik ini memiliki aroma yang tidak diminati oleh lalat sehingga buah akan aman, mulus dan tidak ada cacat busuk berulat yang mengkibatkan kehilangan nilai komersialnya.

lalat buah seringkali menyerang buah-buahan yang memiliki nilai jual tinggi seperti : Mangga, Jambu biji, Belimbing, Buah Cocoa dan banyak lagi.

Biasanya penanggulann nya dengan menjebak lalat buah dengan perangkap atau lem perekat sehingga populasi lalat buah berkurang. Perangkap diberi zat penarik (attractant) dengan bau-bauan dan warna yang memikat serangga tersebut yang biasanya berwarna kuning.

Walau dengan cara ini cukup efektif tetapi karenan populasi lalat buah di kebun biasanya sangat banyak, pastinya tidak berhasil menanggulangi keseluruhan. Oleh sebab itu perlu juga dibekali pelindung lain seperti pelindung bioplastik MOELUS.

Oleh sebab itu perlu digunakan pembungkus yang memiliki kandungan zat repellent (menolak ) kehadiran lalat buah, dan warna pelindung dibuat menyamarkan bagi lalat buah.

Pembungkus tidak perlu tertutup rapat, sengaja bagian bawahnya dibiarkan terbuka karena buah memerlukan adanya aliran udara untuk mematangkan buah secara alami.

Pembungkus ini terbuat dari plastik yang dapat terurai sehingga ramah lingkungan. Tersedia empat  ukuran Besar sekali, besar  sedang dan kecil disesuaikan dengan ukuran buah yang akan diproteksi.

Ukuran besar sekali dapat digunakan untuk Duren, Cempedak, ukuran besar bisa untuk Papaya sukun dan jambu air, ukuran sedang untuk mangga, belimbing cacao  dan ukuran kecil untuk belimbing , jambu biji dan lain-lain.

Untuk melihat bagaimana memasang MOELUS, pelindung buah bioplastik ini di ketinggian, bisa dilihat di Youtube

tersedia dalam empat (4) ukuran:

  1. 18 cm x 20 cm x 30 microns , untuk pelindung jambu biji, sawo, jeruk 
  2. 20 cm x 30 cm x 30 microns , untuk pelindung mangga, belimbing, terong
  3. 32 cm x 40 cm x 30 microns , untuk Papaya , mangga ukuran besar
  4. 40 cm x 58 cm x 30 microns, untuk cempedak, durian