Sebagai seorang awam yang menyukai sayuran dan buah-buahan sering kali kurang menyadari upaya para petani atau pekebun bisa berhasil menjual hasil kebunnya. Tidak menyadari perjuangan petani dalam mengatasi perbagai kesulitan yang harus ditanggulangi agar bisa panen. Gagal panen berarti mereka dan keluarganya pasti akan mengalami kesulitan keuangan.

Resiko kegagalan dalam bertani sangatlah besar karena kemungkinan mengalami gagal panen juga besar walaupun mereka sudah menjadi pekebun atau petani ber tahun-tahun. Belum lagi berhadapan dengan harga jual yang kerap kali rendah, karena untuk mencapai ke pembeli akhir harus melalui rantai distribusi yang panjang.

Yang akan dibahas disini adalah mengapa banyak petani tidak berani atau melakukan budi daya organik? Yang jelas, petani tidak berani melakukan perubahan karena mereka sadar kalau melakukan sesuatu yang baru berarti akan meningkatkan resiko kegagalan. Harus ada yang memberi contoh nyata dan berhasil.

Sering saya di tertawakan para petani karena dianggap melakukan yang tidak lazim dan kita dianggap new kid on the blok. Salah satunya ketika saya menyemprot nutri ke batang durian ramuan organik perangsang pembuahan agar duren berbuah banyak. Untuk mencapai penyemprotan di ketinggian saya gunakan elektrik sprayer yang waktu itu masih belum umum. Kejadian itu menjadi pergunjingan di masyarakat sekeliling.