Gangguan hama apa yang terjadi di musim hujan akhir tahun 2017 ini. Apabila kita amati video-video pertanian yang diunggah di youtube , kita bisa meng menebak bahwa saat ini nerebak serangan hama lalat buah dan kutu putih. Dugaan ini diperkuat diperolehnya konfirmasi dari teman-teman pekebun di sekitar Bogor,  Banten dan Subang.

Pekebun tetangga Mas Sarmo (bukan nama sebenarnya) 3 minggu lalu sampai tersedu-sedan ber ucuran air mata karen lebih dari 60% cabe nya busuk  terserang lalat buah. Padahal Mas Sarmo di juluki Insinyur cabe karena dianggap pakar dalam ber budi daya cabe. Menanam Cabe merupakan salah satu budidaya yang sulit dan beresiko. Makanya tidak heran harga cabe berfluktuasi naik turun sangat drastis. Sering harga cabe begitu tinggi sehingga memikat banayk pemula untuk berbudi daya cabe dengan hasil merugi walau harga tetap tinggi karena produktifitas per satuan luasnya rendah.

Ada beberapa cara untuk mengatasi lalat buah ini antara lain

  • Dengan perekat agar lalat buah menempel se benda yang kita beri lem yang mengandung pemikat lalat buah (attractan)
  • Memasang perangkat atau jebakan lalat buah jantan sehingga populasi lalat jantan habis dan lalat betina tidak bertelur.
  • Melindungi buah dengan menutup buah dengan plastik yang mengusir lalat (repellant)