BISMA PK merupakan pestisida untuk membasmi hama penyakit busuk buah Patek dan keriting daun cabe dalam satu ramuan.

Dalam uji aplikasi yang dilakukan Agrifarm ternyata BISMA PK memiliki kemampuan tersembunyi yaitu  selain sebagai pestisida juga sangat powerfull unt mengaktifkan potensi cabe tersebut agar berbunga lebat dan mempercepat pematangan buah.

Dengan mengetahui trik-trik penggunaan yang benar dan efisien maka para pekebun yang memiliki tanaman yang berjumlah banyak dapat menghemat pengeluaran perbagai macam obat anti hama juga termasuk mengirit penggunaan BISMA PK itu sendiri.

Seperti kita ketahui tiga kali masa tanam cabe, hama penyakit menyerang makin parah. Dulu yang perlu diatasai hanya masalah keriting daun, layu pohon dan busuk buah akibat lalat buah. Tahun 2017 ditambah dengan adanya serangan buduk buah Patek atau Anthranoksa. Sekarang bertambah lagi dengan adanya serangan virus kuning Gemini.

Artinya pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari varietas cabe yang tahan terhadap penyakit. Pemilhan varietas yang yang mampu berproduktifitas tinggi kita nomor duakan. Apa gunanya punya potensi produksi tinggi kalau ditengah jalan tidak mampu berproduksi karena diserang penyakit.

 Kita tidak membahas dulu masalah strerilisasi lahan misalnya, karena kita sedang membahas bagaimana menggunakan BISMA PK secara efisien.

Walaupun kekampuan BISMA PK dalam menyembuhkan tanaman yang terserang sangat ampuh tetapi kondisi tanaman tidak akan sebaik kalau kita lakukan pencegahannya. Produktifitas cabe yang sudah sembuh produktifitasnya menurun jauh.

Pertanyaan nya kapan kita melakukan aplikasi yang tepat.

Penyemprotan pertama adalah 15 Hst, jangan menggunakan sprayer 14 liter, tetapi gunakan aja sprayer tangan dan atur pada stelan pengkabutan, dosis yang digunakan cukup 1 tutup per liter air.

Utamakan penyemprotan pada pucuk tubnas dan daun muda dekat pucuk. semprot pada bawah daun juga. Jangan lupa sebelum dituang ke sprayer Jerigen atau botol dikocok sampai merata dulu. Sprayer sesekali dikocok sebelum di tembakan.

 Pemupukan daun yang biasa dikerjakan oleh pekebun dapat dihilangkan sehingga kita menghemat tidak membeli pupuk daun. Mengapa demikian? karena pada penelitian yang dilakukan BISMA PK memiliki kemampuan untuk mempercepat pertumbuhan. Pupuk cukup mengandalkan pupuk susulan dengan sistem kocor yang meningkat dosisnya setiap minggu.