Walau kita memiliki pekarangan yang tidak luas baik di depan ataupun dibelakang rumah, kita dapat memberikan sentuhan sedikit akan membuat menjadi lebih indah, alami dan lebih sehat bagi keluarga.

Apa yang ditanam disitu pasti sudah merupakan tanaman pilhan.  Sering kita kecewa karena penampakan nya tidak se indah seperti harapan kita. Daun tidak utuh, hijau segar dan bunga tidak  atau jarang muncul.

Apa yang bisa kita lakukan agar bisa lebih menarik dan lebih mengasikkan? Ada beberapa tips mudah sebagai berikut:

  1. Kebersihan merupakan persyaratan utama, kerapian bisa nomor dua karena untuk memberikan nuansa alami atau natural. selain menyapu daun kering, menyingkirkan barang-barang yang tidak relevant, tetapi juga memangkas daun yangsudah coklat ataupun ber bercak karena penyakit.
  2. Siram dengan air yang cukup dimusim kemarau agar tanaman tidak merana. pemupukan biasanya kocor, sebaiknya hindari melempar ketanah pupuk NPK yang msih butiran karena banyak tanaman yang tidak tahan dan layu.
  3. Semprot pestisida, baik insektisida, fungisida ataupun akarisida. Akarisida adalah anti hama untuk jenis kutu-kutuan. Aplikasi pestisida ini sangat penting karena saat ini banyak insektisida membawa bakteri penyakit ke tanaman kita. 
  4. Akan tidak membosankan kalau dipekarangan kita selain tanaman bunga , ada juga tanaman buah-buahan dalam pot (Tabulampot).